Selengkapnya">
Gema.id Jatim
27 Desember 2019

Upayakan Reboisasi, Pemprov Jatim Tabur Biji dari Atas Helikopter

Prakiraan durasi baca: menit - Panjang artikel kata.

Gema.id Jatim, Surabaya – Demi melaksanakan reboisasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan melakukan langkah menabur biji pada titik lahan di gunung yang gundul dari atas helikopter.

Dengan cara tersebut Pemprov berharap bakalan tumbuh tanam-tanaman apalagi musim penghujan sudah akan tiba.

“Dengan harapan tumbuh tanam-tanaman, terlebih saat musim hujan,” kata Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa, dikutip dari Republika, Jumat (27/12/2019).

Penghijauan kota memang tengah digalakkan oleh PemProv setempat dan upaya koordinasi terus dilakukan demi terwujudnya ekosistem yang bersahabat dan sehat bagi penduduk di sana.

Tidak hanya itu pihak Pemprov juga menghimbau penduduk setempat agar giat menanam biji-bijian di sekitar pemukiman mereka, di samping pemerintah melakukan reboisasi dengan cara menabur dari helikopter.

“Jangan buang biji buah-buahan yang dimakan. Simpan, lalu keringkan dan ditabur ke lahan kosong supaya tumbuh bersamaan dengan musim hujan,” kata Kofifah.

Beberapa wilayah di Jatim sendiri banyak terjadi kebakaran hutan sehingga mengakibatkan lahan kosong. Upaya reboisasi ini dilakukan mengingat lahan hijau merupakan paru-paru dunia.

Diketahui beberapa perkiraan iklim mengalami perubahan dalam waktu dekat ini, akibatnya terjadi cuaca ekstrem di berbagai wilayah di Indonesia. Sementara musim kemarau yang sebelumnya diperkiraan akan berakhir pada November lalu hingga saat ini masih terjadi, diperkirakan sampai Januari tahun depan.    

Penaut:
Back to Top